Chitika

Easyad

Search

Memuat...

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

Download

Popular Posts

Recent Comments

Google Search Engine

Selasa, 08 Februari 2011
Share |
Program Konversi Suhu dari Java
Dalam artikel sebelumnya, telah diposting mengenai koding program Java tentang konversi suhu. Nah, kali ini merupakan penjelasan mengenai koding tersebut beserta Output Program yang dihasilkan dari koding program tersebut. Berikut ini merupakan penjelasannya :

import javax.swing.*;

Statement diatas digunakan untuk mengimport packages dimana packages dalam java berarti pengelompokan beberapa class dan interface dalam satu unit. Fitur ini menyediakan mekanisme untuk mengatur class dan interface dalam jumlah banyak dan menghindari konflik pada penamaan. Supaya dapat meggunakan class yang berada diluar package yang sedang dikerjakan, maka kita harus mengimport package dimana class tersebut berada.

Pada dasarnya, seluruh program JAVA mengimport package java.lang.*, sehingga dapat menggunakan class seperti String dan Integer dalam program meskipun belum mengimport package sama sekali. Penulisan import package dapat dilakukan seperti dibawah ini :

import ;

Sebagai contoh, bila kita ingin menggunakan class Color dalam package awt, kita harus menuliskan import package sebagai berikut :

import java.awt.Color;
import java.awt.*;

Baris pertama menyatakan untuk mengimport class Color secara spesifik pada package, sedangkan baris kedua menyatakan mengimport seluruh class yang terkandung dalam package java.awt. Cara lain dalam mengimport package adalah dengan menuliskan referensi package secara eksplisit. Hal ini dilakukan dengan menggunakan nama package untuk mendeklarasikan object sebuah class :

java.awt.Color color;

Pada sebuah file .java, dibutuhkan referensi file - file mana saja yang menjadi referensi dari class - class, method - method, ataupun segala sesuatu yang digunakan dalam sebuah program java yang ditulis dalam sebuah file .java tersebut. Aturan penulisan pada umumnya ditulis di bawah penulisan package, contohnya adalah sebagai berikut :

import java.io.RandomAccessFile;
import java.net.*;

Jadi, import javax.swing.*; itu digunakan untuk digunakan untuk membuat interface GUI. Import disini, jika dalam bahasa C sama artinya dengan preprocessor directive Include #. Seperti penjelasan diatas, bahwa statement ini digunakan untuk mengimport suatu packages dalam suatu program java.




class KonversiSuhu{
private float suhuAsal;
private float suhuTujuan;
public KonversiSuhu(float suhu){
this.suhuAsal=suhu;
}

Blok program diatas merupakan pendeklarasian sebuah class yang dibuat dalam program ini. Dimana class adalah suatu struktur dalam program yang berisi satu atau beberapa metode ( dapat berupa fungsi dan/atau prosedur ) dan atribut ( dapat berupa data ataupun variabel yang akan dioperasikan dalam metode ). Dalam program java, minimal harus mempunyai satu buah class didalamnya. Mengawali penulisan class digunakan tanda ‘ { ‘ dan untuk menandakan akhir dari class maka kita gunakan tanda ‘ } ‘. Kemudian, dalam blok ini kita gunakan atribut private dan public. Atribut ini digunakan sebagai modifier suatu variabel dengan tipe data tertentu. Variabel yang pertama di dalam class ini yaitu suhuAsal yang memiliki tipedata float dengan izin akses modifiernya yaitu private. Kenapa disebut dengan private ? karena yang dapat mengakses nilai dari variabel ini hanya class tertentu saja, tiidak sembarang class dapat mengakses nilai dari variabel ini. Kemudian untuk variabel berikutnya dalam class ini yaitu suhuTujuan dengan tipe data dan modifier sama dengan variabel sebelumnya. Dalam class ini terdapat sebuah main yaitu public KonversiSuhu(float suhu). Kenapa modifiernya bersifat public ? karena nilai dari variabel dalam main ini dapat diakses oleh class – class lain yang dibuat dalam program ini. Karena bersifat public, maka nama main boleh sama dengan nama class - nya. Diberikan tipe data float untuk variabel suhu dalam main ini. Kemudian kita temukan statement this.suhuAsal = suhu artinya disini diberikan penjelasan bahwa nilai dari variabel suhuAsal akan menjadi nilai pada variabel suhu.

public float hitungSuhu(String tujuanKonversi){
String tujuan= tujuanKonversi.toUpperCase();
float temp=0;
if(tujuan.equals("K"))
temp = keKelvin();
else if (tujuan.equals("F"))
temp = keFahrenheit();
else if (tujuan.equals("R"))
temp = keReamur();
return temp;
}

Blok diatas merupakan blok main yang dibuat dalam program ini. Dimana method ditunjukkan dengan statement public float hitungSuhu(String tujuanKonversi). Diberikan tipedata float untuk variabel hitungSuhu dan tipe data string untuk variabel tujuanKonversi. Baris berikutnya yaitu String tujuan=tujuanKonversi.toUpperCase() dimaksudkan bahwa nilai dari variabel tujuan sama dengan nilai dari variabel tujuanKonversi dimana inputan nilai untuk variabel ini berupa huruf kapital. Contoh : K untuk Kelvin, F untuk Fahrenheit, dan R untuk Reamur. Kemudian diberikan nilai awal untuk variabel temp yaitu sama dengan 0. Terdapat statement kondisi yaitu jika tujuan yang di input dalam program yaitu K maka program akan mengeksekusi blok main keKelvin. Jika tujuan yang di input dalam program yaitu F maka program akan mengeksekusi blok main keFahrenheit. Untuk inputan tujuan R, maka program akan mengeksekusi blok main keReamur. Untuk melakukan perbandingan maka digunakan statement equals. Selain itu, equals disini digunakan untuk mendapatkan nilai string. Return temp digunakan untuk mengembalikan nilai dan kondisi seperti semula pada saat tujuan belum di pilin / di input kedalam program.

private float keKelvin(){
float kelvin;
kelvin=suhuAsal+273;
return kelvin;
}

Blok main diatas jika dalam bahasa C biasa kita sebut dengan prosedur. Mekanismenya hampir sama dengan prosedur dalam bahasa C yaitu program yang terpisah dari badan program utamanya. Kali ini, dalam bahasa java kita sebut dengan main. Blok main diatas digunakan untuk perhitungan suhu Kelvin. Dimana untuk menghasilkan suatu suhu Kelvin didapat dari nilai suhuAsal ditambah dengan 273. Maka, program akan mendapatkan suatu nilai yang sudah dikonversikan dari celcius ke Kelvin. Perlu diingat, bahwa variabel suhuAsal dalam program ini memiliki nilai suhu celcius.

private float keFahrenheit(){
float fahrenheit;
fahrenheit = suhuAsal*9/5+32;
return fahrenheit;
}

Blok main diatas didalamnya berisikan pemrosesan untuk mengkonversi nilai dari celcius ke nilai Fahrenheit. Untuk mendapatkan suatu nilai Fahrenheit, maka digunakan rumusan yaitu Fahrenheit = suhuAsal*9/5 + 32.

private float keReamur(){
float reamur;
reamur = suhuAsal*4/5;
return reamur;
}
}

Blok main diatas didalamnya berisikan pemrosesan untuk mengkonversi nilai dari celcius ke nilai Reamur. Untuk mendapatkan suatu nilai Reamur, maka digunakan rumusan yaitu Reamur = suhuAsal *4/5.

class Konversi{
public static void main(String args[]){
String tujuan;
float hasil=0;
String suhuS = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan suhu yang akan dikonversi(celcius)!");
float suhu=Float.parseFloat(suhuS);
KonversiSuhu KSI=new KonversiSuhu(suhu);
do{
tujuan = JOptionPane.showInputDialog("masukkan tujuan konversi(K/F/R)!");
if(tujuan.equals("K")||tujuan.equals("F")||tujuan.equals("k")||tujuan.equals("f")||tujuan.equals "R")){
hasil = KSI.hitungSuhu(tujuan);
JOptionPane.showMessageDialog(null,"hasil konversi adalah>>"+ hasil);}
else
JOptionPane.showMessageDialog(null,"maaf input tujuan anda salah, ulangi lagi!");
}while(!tujuan.equals("K")&&!tujuan.equals("F")&&!tujuan.equals("R")&&!tujuan.equals("k")&&!tujuan.equals("f")&&!tujuan.equals("r"));
JOptionPane.showMessageDialog(null,"hasil konversi adalah>>"+hasil);}
}

Blok program diatas merupakan blok class utama dalam program ini, dimana class ini akan digunakan untuk menjalankan program ( dapat dilihat pada tampilan output ). Kita beri nama konversi untuk nama class utama dalam program ini. Kemudian terdapat suatu method yang digunakan salam class ini. Method dalam class ini ditunjukan oleh statement public static void main(String args[]) {. Diberikan tipe data string untuk variabel tujuan dan tipe data float untuk variabel hasil dengan nilai awalnya yaitu 0. Kemudian kita temukan statement JOptionPane.showInputDialog yang dimaksudkan untuk menampilkan input box saat program dijalankan. Dalam input box terdapat kalimat masukkan suhu yang akan dikonversi(celcius)! Sebelumnya input box memiliki arti yaitu sebuah kotak yang digunakan untuk menginputkan atau memasukkan suatu nilai sesuai dengan input box yang dibuat ( dapat dilihat pada gambar output ). Kemudian ditemukan statement float suhu = sloat.parseFloat(suhuS) yang dimaksudkan untuk menguraikan nilai dari variabel suhu. Kenapa digunakan parseFloat(suhuS) ? Kenapa harus diuraikan ? ParseFloat(suhuS) artinya yaitu kita mengubah tipe data dari suhuS yang sebelumnya bertipe data string kini diubah atau diuraikan ( di – parse ) menjadi tipe data float. Maka hasil dari statement ini berupa suatu nilai untuk suhuS yang sudah bernilai float bukan lagi string. Dalam class ini, kita juga mendeklarasikan suatu objek baru dengan menggunakan statement KonversiSuhu KSI = new KonversiSuhu(suhu). Setelah kita mendeklarasikan suatu objek baru dalam class ini, kemudian kita temukan statement Do… While yaitu sebagai statement perulangan yang telah kita ketahui sebelumnya mengenai mekanisme perulangan yang dilakukan seperti apa. Kemudian kita membuat suatu input box baru yang dimaksudkan untuk memasukkan tujuan konversi nilai celcius yang sebelumnya telah kita input ( dapat dilihat pada gambar output ). Setelah kita buat input box yang berikutnya, maka saat kita menginput tujuannya program akan melakukan proses perbandingan kondisi dengan menggunakan statement if. Jika tujuan yang dituju sama dengan K atau F atau k atau f atau R maka program akan memanggil main hitung suhu untuk memproses data inputan nilai yang sebelumnya telah kita input. Dalam hal ini, untuk memilih tujuan kita dapat memasukkan tujuan dengan huruf kapital ataupun huruf kecil. Setelah diinput tujuannya, maka program akan mengeluarkan message box yang dibuat dalam class ini yang dimaksudkan untuk menampilkan hasil konversi yang dilakukan oleh program. Ada kemungkinan lain else dalam perbandingan kondisi ini, kemungkinan lainnya yaitu jika kita menginput tujuan tetapi tidak sesuai dengan pilihan yang tersedia maka program akan menampilkan sebuah message box yang berisi ‘ maaf input tujuan anda salah, ulangi lagi! ‘. Jika demikian, maka berlaku statement while dibawah statement kondisi ini. Dimana program akan melakukan pengulangan input tujuan sampai benar lalu menampilkan hasil dari konversi tujuan yang telah diproses oleh program ini.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

web translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Flag Counter

free counters

Blog Archive

About Me

Pengikut